Beginilah Wujud Masjid Bergaya Minimalis 16x18 m yang Bikin Nyaman dan Betah Jamaah

Pages

Beginilah Wujud Masjid Bergaya Minimalis 16x18 m yang Bikin Nyaman dan Betah Jamaah

Desain Masjid Minimalis 1 Lantai


Sibambo Studio - Berbeda dengan ulasan - ulasan sebelumnya yang membahas tentang bangunan berupa rumah, kali ini kita akan membahas tempat ibadah yakni masjid.

Bagi Kaum Muslim yang menggunakan masjid untuk beribadah tentunya sangat mengharapkan masjid yang didatangi membuat nyaman dan betah saat di dalamnya. Untuk itu Masjid Bestussalam ini ingin memberikan suasana masjid yang membuat jamaah kian khusyuk ketika sedang sholat.

Nah, hal apa sajakah yang membuat masjid ini bisa membuat nyaman dan betah jamaah? Yuk kita bedah di bawah berikut.


Komposisi Ruang


Mulai memasuki area masjid ini akan disambut berupa anak tangga sekaligus sebagai area batas suci dimana alas kaki dilepaskan.

Tiba di serambi masjid yang merupakan tempat semi outdoor dimana sisi sampingnya tanpa halangan udara untuk keluar masuk pada area ini. Dengan hal ini ketika jamaah meluber hingga serambi maka jamaah tak akan merasa pengap atau gerah walau tanpa kipas angin sekalipun.

Denah Masjid 1 Lantai
Denah Masjid Minimalis 16 x 18 m

Memasuki area tempat shalat terdapat tiga buah pintu utama serta akses pendukung di kedua sisi sampingnya. Didalam area tempat shalat ini tidak ada kolom atau struktur bangunan pada tengah tengah ruangan. Sehingga jamaahpun bebas tak terhalangi ketika imam sedang melaksanakan khutbah yang jadikan jamaah menjadi lebih nyaman dan fokus untuk menyimak kajian atau khutbah tentunya.

Geser ke area mihrab masjid ini akan merasakan susana tenang dan warm berkat penggunaan lantai parquette. Yang menarik, di depan mihrab terdapat sebuah taman yang berfungsi layaknya oase bagi imam sholat di masjid ini. Selain itu, disamping kiri mihrab terdapat sebuah space untuk penyimpanan seperti sound control atau semacamnya.

Berpindah ke tempat wudhu yang terletak di belakang masjid ini dimana mihrab dan taman sebagai pemisah antara tempat wudhu dan kamar mandi pria dengan wanita.

Setelah membedah komposisi ruangnya jadi ingin sholat di masjid seperti ini bukan?



Detail Fasad/ Bentuk


Desain Tampak Masjid Minimalis
Tampak Depan Masjid Minimalis 16 x 18 m
Masjid bergaya minimalis yang berada di Jawa Tengah ini tidak meninggalkan ciri bangunan di tanah jawa yaitu lewat penggunaan bentuk atap limas yang bersusun.

Sementara untuk citra khas minimalis bisa didapati lewat elemen garis dan lengkungan sederhana dan penggunaan material rooster yang kini dijadikan sebagai elemen alternatif selain grc.

Selain unsur minimalis dan jawa terdapat pula unsur timur tengah yakni adanya bentuk setengah lingkaran diantara dua buah kolom bangunan di kedua samping masjid ini.

Pada kedua sayap bangunan yang memiliki menara menjadikan masjid bernama baetussalam ini terlihat lebih gagah dan kokoh yang dibalut dengan batu marmer beikan nilai tambah untuk masjid di Demak, Jawa Tengah ini.


Tampak Masjid Minimalis Sederhana
Tampak Samping Kiri Masjid Minimalis 16 x 18 m





Bagaimana?

Sudah terbayang akan membangun seperti apa untuk hunian impian anda?

Ingin juga wujudkan hunian impian bersama kami?
Segera hubungi Sekarang!

WA: 0857 9880 9096 / 085863110612


Email: sibambostudio@gmail.com
fanspage : Sibambo
Instagram : inspirasirumah_id

Tidak ada komentar :

Posting Komentar