Aneh dan Unik! Masjid Minimalis 2 Lantai di Sekolahan Ini Tampil Beda! 18x12 m

Pages

Aneh dan Unik! Masjid Minimalis 2 Lantai di Sekolahan Ini Tampil Beda! 18x12 m

Desain Masjid Minimalis 2 Lantai


Sibambo Studio - Apa yang Anda ingat dengan masjid atau mushola dikala masa sekolah? Kecil, sumpek, tak nyaman ibadah didalamnya? Jika iya, maka lain halnya dengan Masjid di SMP Negeri 1 Buahdua di Sumedang ini.

Walaupun berada di lingkungan sekolah, masjid ini desain agar nyaman dan mampu menampung kegiatan Islami yang diselenggarakan didalamnya. Masjid dua lantai bergaya minimalis ini memiliki hal unik di dalamnya.

Penasaran? Yuk intip hal menarik apa saja pada masjid ini.


Komposisi Ruang

Denah Masjid 2 Lantai Minimalis
Denah  Lantai 1 Masjid Minimalis 2 Lantai 18 x 12 m

Memulai dengan melepaskan alas kaki maka akan merasakan "Selamat Datang" di selasar masjid yang alasnya menggunakan material dari kayu.

Beranjak, disini lah hal aneh akan dirasakan ketika seseorang utuk kali pertama di masjid ini. Ya, walau kesan awalnya aneh ketika mendapati dinding yang serong tak sejajar pada tampak depan.

Dimana sejatinya ini merupakan syarat untuk sholat yakni posisi harus menghadap ke arah kiblat. Justru dengan posisi seperti ini, masjid di sekolah menengah pertama ini akan memiliki ciri yang berbeda dari masjid lainnya. Walaupun kasus seperti ini bukanlah hal yang baru dalam merancang sebuah masjid.

Masuk ke area utama masjid terdapat empat buah pintu sebagai akses ke dalam area ini. Geser ke tempat mihrab dengan desain yang melengkung dimana bentuk seperti ini akan menggemakan suara imam walau tanpa tambahan speaker. Sementara itu, di kedua sisinya terdapat sebuah gudang atau tempat penyimpanan barang.

Sedangkan untuk fasilitas tempat wudhu dan kamar mandi berada di samping bangunan. Selain untuk memisahkan antara wanita dan pria posisi ini juga memudahkan akses dari halaman ke dalam masjid maupun menuju ke lantai dua.
SMP Negeri 1 Buahdua Sumedang
Denah  Lantai 2 Masjid Minimalis 2 Lantai 18 x 12 m

Pindah ke lantai dua, tak beda jauh pada lantai satu. Di lantai dua ini memiliki tempat sholat yang memiliki view ke mihrab lantai sehingga ketika ada khutbah jamaah di lantai dua dapat melihat nya. Tak hanya itu, dengan adanya void menjadikan sirkulasi di kedua lantai ini menjadi sangat baik.

Sementara di ujung lantai dua ini memiliki area penyimpanan yang sama di lantai bawahnya.

Berada di lantai dua ini juga bisa tetap nyaman beribadah sholat walau tanpa air conditioner atau kipas angin dimana penggunaan roster memberikan kesepatan kepada udara dan cahaya untuk masuk tanpa berlebihan ke seluruh ruangan lantai dua ini.

Bagaimana, tertarik untuk merasakan suasana sholat di masjid yang memiliki massa bangunan sedikit aneh dan unik seperti ini?


Detail Fasad/ Bentuk

Konstruksi Masjid 2 Lantai
Potongan Masjid Minimalis 2 Lantai 18 x 12 m


Masjid di Sumedang ini tak meninggalkan jati dirinya yang berada di tanah pasundan terbukti penggunaan atap khas sunda yang bernama "perahu kumureb" atau perahu terbalik dimana atap seperti ini cocok digunakan di area tropis.

Untuk citra khas minimalis dapat lihat dari penggunaan material batu alam, batu granit yang menjadikan tampilan masjid ini jadi lebih dekat dengan lingkungan sekitar dan menambah kesan cantik pada fasad.

Dan untuk roster pada masjid ini selain dipilih karna fungsinya tentu karna estetikanya yang memberikan motif berpola pada wajah masjid ini.

Tak luput, hadirnya dua buah menara yang difungsikan untuk membungkus dua buah tangga di dalamnya namun juga menciptakan kesan masjid yang kokoh dan mampu bertahan dalam waktu yang lama.


Dibawah berikut, Anda dapat melihat potongan dan detail dari Masjid SMP Negeri 1 Buahdua ini. Check this out!
Struktur Masjid 2 Lantai
Potongan Masjid Minimalis 2 Lantai 18 x 12 m

Desain Masjid Minimalis 2 Lantai
Detail Profil Masjid Minimalis 2 Lantai 18 x 12 m



Setelah mendapatkan inspirasi di atas, sekarang Anda bisa merencanakan rumah atau bangunan impian Anda hanya dengan bermodalkan Whatsapp.

Segera hubungi Sekarang!

WA: 0857 9880 9096 / 085863110612


Email: sibambostudio@gmail.com
fanspage : Sibambo
Instagram : inspirasirumah_id

Tidak ada komentar :

Posting Komentar