Kawinkan Unsur Tradisonal dan Modern, Beginilah Jadinya Rumah Etnik Jawa - Bali 16.5 x 27 m

Pages

Kawinkan Unsur Tradisonal dan Modern, Beginilah Jadinya Rumah Etnik Jawa - Bali 16.5 x 27 m

Desain Rumah Etnik Modern



Sibambo Studio - Anda ingin turut andil dalam melestarikan kebudayaan Nusantara namun juga tak mau dibilang kuno/ tertinggal zaman?

Salah satu contohnya adalah Bapak Andri asal Sidoarjo yang mempercayakan kepada Sibambo Studio untuk mendesain hunian bergaya etnik jawa bali namun juga memiliki unsur modernitas.

Yuk, mari kita simak ulasan dari rumah yang nyentrik dengan bata ekspos yang didesain oleh Tim Sibambo Studio; Tn. Aab Elkarimi dan Tn. Satrio Dwi Ananda di bawah ini!



Komposisi Ruang

Denah Rumah Etnik Modern
Denah Rumah Etnik Jawa - Bali 16.5 x 27 m

Berdiri di lahan yang begitu besar membuat saat merancang zioning ruangpun lebih tereksplorasi.

Dengan memanfaatkan iklim tropis di Indonesia, rumah Bapak Andri ini memiliki sisa lahan di keempat sisinya yang dijadikan taman, selasar, hingga kolam air.

Saat memasuki rumah ini dengan melewati beberapa anak tangga membuat rumah berika nuansa tegas dan kokoh bagi siapapun yang memasukinya.

Untuk kebutuhan kamar, rumah ini memiliki tiga buah kamar, sebuah kamar tidur utama lengkap dengan kamar mandi dan ruang ganti di dalamnya, serta sebuah kamar tidur yang khusus diperuntukkan bagi tamu.

Yang menarik dari rumah etnik jawa bali di Sidoarjo ini ialah terdapat ruangan yang unpermanaent, dimana kondisi ruangan dapat disesuaikan saat rumah menggelar acara seperti hajatan. 

Fungsi ini terdapat di ruang keluarga yang dapat diubah menjadi ruang tamu saat ruang tamu mengalami overload, umumnya terjadi saat lebaran tiba.


Denah Rumah Etnik Modern
Denah Rumah Etnik Jawa - Bali 16.5 x 27 m

Tak hanya bagian depan, bagian tengah yang dijadikan foyer rumah ini sangat ideal untuk menggelar acara seperti pengajian ataupun arisan.

Untuk second entrance rumah ini terdapat di sisi kanan rumah yang langsung menuju ke dapur dan pantry.

Menikmati sajian bersama keluarga rasanya akan seperti menikmati makan di restoran dengan view taman bagian belakang lewat jendela - jendela yang besar.

Sementara di bagian luar inti bangunan rumah ini terdapat sebuah gudang dan musholla di kedua sudut belakang lahan.

Untuk musholla, dengan desain ala gazebo adat jawa yang semi outdoor jadikan susana ibadah menjadi damai dan khusyuk saat menjalankannya.

Akses menuju musholla juga akan terasa asyik jika diakses dari rumah bagian depan, dimana akan melewati sebuah jembatan di atas kolam air yang ampuh sedikit bangkitkan mood.



Detail Fasad/ Bentuk

Desain Rumah Adat Bali Modern
Prespektif Rumah Etnik Jawa - Bali 16.5 x 27 m

Saat melihat wajah dari rumah ini kesan yang pertama kali muncul adalah sangar dan kokoh.

Dengan unsur - unsur warna alam yang berikan kesan rumah seperti diatas.

Prespektif Rumah Etnik Jawa - Bali 16.5 x 27 m

Unsur Tradisional rumah ini langsung terdeteksi dengan penggunaan material bata ekspos sebagai finishingnya, kusen yang dipenuhi ukiran, gapura di samping tangga khas adat bali, detail grc motif jawa, bentuk lisplank yang khas dengan rumah adat Nusantara, serta benruk atap yang gunakan bentuk limas.

Desain Rumah Adat Bali Minimalis
Tampak Rumah Etnik Jawa - Bali 16.5 x 27 m


Sementara di sisi modern dapat tergambarkan dengan topi - topi di kusen jendela depan dan finishing tembok yang gunakan batu alam andesit beralur, detail di bagian kolam air dan yang tak luput adalah bagian interiornya yang memiliki mini bar khas rumah kekinian.

Desain Rumah Adat Bali Minimalis
Tampak Rumah Etnik Jawa - Bali 16.5 x 27 m

Akhir kata, rumah milik Bapak Andri ini mampu sinergikan antara kebudayaan Nusantara Jawa - Bali  dengan sedikit menyusupkan unsur modern yaitu minimalis.

Istilah Jawa yang cocok gambarkan rumah ini secara keseluruhan adalah " Nunggak Semi " yang memiliki arti mempertahankan budaya lama yang baik, dan menerima hal baru yang bermanfaat.



Nah, kali ini kami bagikan juga gambar visualisasi dari kolam air yang berfungsi sebagai akses menuju musholla.
Desain Kolam Air Minimalis
Visualisasi Kolam Rumah Etnik Jawa - Bali 16.5 x 27 m







Bagaimana?

Sudah terbayang akan membangun seperti apa untuk hunian impian anda?

Ingin juga wujudkan hunian impian bersama kami?
Segera hubungi Sekarang!

WA: 0857 9880 9096 / 085863110612


Email: sibambostudio@gmail.com
fanspage : Sibambo
Instagram : inspirasirumah_id

Tidak ada komentar :

Posting Komentar