Rumah Tinggal Satu lantai Tipe Sijalak Di Lahan 12.5 x 18m

Pages

Rumah Tinggal Satu lantai Tipe Sijalak Di Lahan 12.5 x 18m


Sibambo Studio - Rumah tinggal satu lantai yang berdiri kokoh di lahan 12.5x18 m ini milik bapak Joko yang berdomisili di Karanganyar, Jawa Tengah. Rumah ini didesain oleh Tim Sibambo Studio; Tn. Aab Elkarimi dan Tn. Satrio Dwi Ananda.

Apa saja kelebihan dari rumah tipe Sijalak ini? Yuk simak ulasan lengkapnya!

Komposisi Ruang

Berbicara mengenai rumah ini, sebuah konsep terbuka dan simple kami tawarkan kepada klien. Usia yang masih muda membuat kami harus mengerti keinginan klien dalam merepresentasikannya ke pengaturan ruang yang ideal. Alhasil, dengan luasan yang cukup besar, dibuatlah rumah bergaya modern satu lantai dengan tiga buah kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, dapur plus pantry, ruang service, dan kolam ikan di bagian belakang. Kesemuanya ini kami rangkum dalam satu konsep zoning ruang yang tidak belibet. Simpel.

Untuk lebih jauhnya anda bisa melihat pengaturan denah yang kami buat hasil dari konsultasi online dengan klien. 

Bagian depan rumah ini kami buat carport yang cukup untuk dua buah mobil dengan tidak melupakan taman depan untk sekedar menaruh tanaman yang mampu memfilter udara. Akses masuk utama dua pintu tak luput kami perhatikan perletakan furnitur yang tidak mengganggu. Di bagian sisi kiri second entrance selebar 1,5 m didesain dengan pot permanen untuk tanaman perdu yang langsung menuju dapur.

Sedangkan bagian belakang rumah ini sengaja dibuat teras yang bisa diakses dari 4 buah pintu kaca ruang keluarga dan view cantik siap manjakan mata. Yap. Teras yang didesain langsung menghadap kolam ikan dengan permainan taman landscape yang rindang membuat semacam taman tersembunyi dalam rumah yang tidak disangka-sangka. Disamping teras, pada sisi kiri dibuat area full service lengkap dengan gudang, tempat jemur, dan setrika. Pada bagian tempat jemur didesain terbuka tanpa atap, dan bangunan dibelakangnya (R. Service/setrika dan gudang) beratap dak untuk torn air.

Komposisi ruang pada rumah tinggal satu lantai tipe Sijalak ini dikarenakan area yang cukup luas, membuat semuanya terjamah cahaya matahari dan udara segar. Tapi jangan pernah coba-coba, sekalinya anda gagal mengatur ruang di lahan besar, resikonya cukup bikin nyesek. heheh

Desain Fasad/Bentuk

Sederhana saja, pada rumah tinggal tipe Sijalak ini bentuk dasar atap plana kami ambil sebagai tampilan depan. Filosofi burung jalak yang gagah, tajam, pandangan runcing, dan memiliki warna yang simpel kami letakan dan padukan dengan kaidah-kaidah dasar dalam perencanaan. 

Pada jendela kamar tidur sisi kanan kami buat aksen view of interest dengan permainan tonjolan beton yang memiliki space kaca lebar 30 cm sebanyak 6 buah. Di bagian sisi kiri material batu templek meyatu padu dengan deretan jendela.

Keseluruhan pemilihan material yang simpel dengan penggunaan plesteran yang dicoating anti lumut dan jamur selaras dengan filosofi burung jalak yang hanya berbulu abu dan berparuh kuning.

Jika melihat bentuk atap, mungkin jarang sekali ditemukan perpaduan atap plana dan jurai dengan bentuk seperti pada rumah ini. Hal ini cukup beralasan untuk memperitungkan tampilan depan yang harus dikombinasikan dengan area kamar tidur utama sehingga menghasilkan jurai. untuk sisi kiri area dapur kami memilih atap dak karena perhitungan luasan yang relatif kecil.

Nah, dari tampilah rumah tinggal satu lantai tipe Sijalak yang berdiri di lahan 12,5x18 m ini bagian mana yang anda suka?

Cuplikan Dokumentasi Desain

Kami lampirkan cuplikan dokumen perencanaan dari rumah tinggal satu lantai tipe Sijalak yang berdiri di lahan berukuran 12,5x18 m sebagai inspirasi untuk rumah anda kelak. Selamat menikmati!











Ingin juga wujudkan hunian impian bersama kami?
Segera hubungi Sekarang!

WA: 0857 9880 9096 / 085863110612


Email: sibambostudio@gmail.com
fanspage : Sibambo
Instagram : Sibambostudio

Video Review Youtube : https://youtu.be/wGyDbi_rlIk

Tidak ada komentar :

Posting Komentar