Desain Asrama Santri Bergaya Minimalis yang Tampil Bersih dan Gagah 8 x 16 m

Pages

Desain Asrama Santri Bergaya Minimalis yang Tampil Bersih dan Gagah 8 x 16 m

Desain Asrama Santri Pondok Pesantren

Sibambo Studio - Apa yang berada dibenak anda bila mendengar asrama? Kotor, kumuh, Over Capacity, atau bahakan mirip camp pengungsian? Ya, itu bila anda pernah menjumpainya di pondok pesantren kelas menengah kebawah atau di daerah pedalaman yang tradisional.

Dalam kesempatan kali ini Sibambo Studio diberikan amanah unuk merancang asrama Yayasan Ribatul Qur'an di Semarang, Jawa Tengah. Tentu kami ingin menghilangkan beberapa kesan asrama yang berada di benak anda tadi.

Asrama santri yang gagah dan sehat ini didesain oleh Tim Sibambo Studio; Tn. Aab Elkarimi dan Tn. Satrio Dwi Ananda.

Yuk langsung saja kita jelajahi dari asrama ini!


Komposisi Ruang

Pemanfaatan lahan tentu menjadi pertimbangan kala membangun bangunan semacam asrama ini. Karna itu dalam satu bangunan ini merangkap dua fungsi yaitu sebagai hall dan asrama.

Pada lantai satu bangunan ini terdapat aula berukuran cukup besar yaitu 12 x 8 m yang dapat digunakan sebagai tempat kajian, kegiatan ekstrakulikuler, atau acara lainnya. Penggunaan pintu lipat sebagai akses akan menambah kesan lapang dan pergantian udara dan cahaya berjalan dengan baik, sehingga syarat area public space pun dapat terpenuhi.

Dapur pada lantai satu ini didesain luas agar dapat menampung banyak orang dimana seorang santri lebih sering memasak hidangan secara gotong - royong saat ada acara maupun hajatan.

Dibawah ini dapat mengamati gambar dari dari denah lantai satu Asrama  Yayasan Ribatul Qur'an :
Denah Asrama Santri Pondok Pesantren
Denah Asrama  Lantai 1 Santri Bergaya Minimalis 8 x 16 m



Beralih ke lantai dua, Pada level ini terdapat empat buah kamar tidur yang masing - masing dapat menampung hingga dua ranjang sekalipun.

Sementara untuk area yang digunakan secara berjamaah yaitu terdapat dapur umum, tempat jemur serta hall sebagai tempat diskusi, murajaah, hingga sekedar berkumpul dengan teman asrama.

Nah berikut kami sajikan gambar denah lantai duanya!
Denah Asrama Santri Pondok Pesantren
Denah Asrama Lantai 2  Santri Bergaya Minimalis 8 x 16 m




Naik setingkat ke lantai tiga ini adalah duplikat dari lantai dibawahnya.

Namun, sejatinya semua ruangan pada lantai dua dan tiga ini didesain untuk memanusiakan manusia dengan meperhatikan aspek psikologi penggunanya serta memasukan semua ruangan ke kategori ruangan yang sehat dan nyaman.

Mari kita lihat kembali kembaran dari lantai dua Asrama  Yayasan Ribatul Qur'an!

Denah Asrama Santri Pondok Pesantren
Denah Lantai 3  Asrama Santri Bergaya Minimalis 8 x 16 m



Detail Fasad/Bentuk

Bersih! Begitulah kata yang menggambarkan dari bangunan asrama ini. Dengan didominasi warna putih yang melambangkan kesucian tentu selaras dengan kehidupan para santri yang menimba ilmu agama.

Empat buah tiang yang menjulang tinggi juga menambah citra asrama ini yaitu "gagah" yang sejatinya merupakan simbol Khulfaur Rasyidin atau empat khalifah diantara tokoh kepepimpinan dalam Islam.

Desain pagar yang memiliki variasi merah dapat menjadikan sebagai nilai artistik dari bangunan ini. Variasi warna yang berbeda ini juga agar tak memunculkan jenuh dan lesu berkat dominasi warna putih bersih pada tampilan asrama ini.

Langsung saya dibawah ini kami sajikan tampak Asrama Yayasan Ribatul Qur'an la dari berbagai angle :
Desain Asrama Santri Pondok Pesantren
Prespektif Tampak Asrama Santri Bergaya Minimalis 8 x 16 m






Bagaimana, anda juga berencana membangun pondok pesantren sebagai ladang pahala jariyah anda?

Segera hubungi Sekarang!


WA: 0857 9880 9096 / 085863110612


Email: sibambostudio@gmail.com
fanspage : Sibambo
Instagram : inspirasirumah_id

Tidak ada komentar :

Posting Komentar