Rumah Tinggal dan Butik dalam Satu Bangunan, Kenapa Tidak ?

Pages

Rumah Tinggal dan Butik dalam Satu Bangunan, Kenapa Tidak ?

Rumah Tinggal dan Boutique Semi Basement
Sibambo Studio - Rumah tinggal yang sekaligus merupakan sebuah boutique atau butik ini berkonsepkan minimalis yang berdiri di lahan asimetris. Pemiliknya ialah Bapak Cece yang berdomisilikan di Kuningan, Jawa Barat. Bangunan yang bernama Annoor Boutique ini didesain oleh Tim Sibambo Studio; Tn. Aab Elkarimi dan Tn. Satrio Dwi Ananda.

Hal apa saja yang menarik dari bangunan ini? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Desain Fasad/Bentuk

Bila melihat fasad depan bangunan ini maka anda tak akan menyangka bahwa bangunan ini memiliki dua fungsi sekaligus. Yaitu berfungsi sebagai butik dan juga rumah tinggal.

Fasad rumah yang didominasi material bebatuan yaitu batu alam, bata ekspos, dan juga roster mengidentifikasikan bangunan ini berkonsep minimalis. Point of inerest dari bangunan ini aadalah sign name itu sendiri dengan font latin yang menarik.
Atap pelana yang memiliki beda tinggi tampil selaras dengan desain fasad bangunan ini. Hadirnya elevasi tangga dan juga basement kian mempercantik wajah dari boutique yang sekaligus rumah ini.

Bagaimana, anda terlabuhi oleh tampilan bangunan yang anda sangka hanya sekedar butik ini kan?

Komposisi Ruang

Salah satu keunikan dari bangunan ini ialah luas lahannya yang berbentuk asimetris. Serta menyatukan dua fungsi dalam satu bangunan merupakan langkah untuk memaksimalkan potensi ruang yang ada.
Walaupun demikian adanya rumah tinggal pada bangunan ini sama sekali tidak mengganggu aktivitas bisnis di dalamnya.
Untuk memberikan privasi dan kemudahan akses pada area rumah tinggal, sebuah pintu garasi di basement juga dimanfaatkan sebagai akses keluar masuk.
Pada garasi basement ini dapat menampung sebuah mobil mpv namun tetap nyaman sebagai second entrance.
Nah berikut gambar dari denah basement pada Annoor Boutique !
Rumah Tinggal dan Boutique Semi Basement
Denah Basement Annoor Boutique

Melihat komposisi ruang pada lantai dasar, di bagian depannya adalah zona untuk boutique itu sendiri yang terdapat area workshop dan mini bar.

Pada zona butik ini didesain agar menciptakan kenyamanan, keakraban pelanggan yang datang serta profesionalisme yang ditegakkan. Ketiadaan kolom struktur pada zona ini ditujukan agar pandangan mata tidak terhalangi dari segala sudut.

Apabila anda melihat di sisi kiri, maka anda akan menemukan sebuah mini bar. Mini bar yang beralaskan lantai parket kayu ini digunakan sebagai pembatas antara area workshop dengan mini bar itu sendiri sekaligus menciptakan kesan warm dan mewah dengan dominasi material kayu.

Selain itu juga terdapat tangga sebagai akses menuju ke mezanin.

Teras pada bagian belakang dengan beda elevasi sebenarnya hadir sebagai pemisah antara zona boutique dengan zona rumah tinggal.

Pada zona rumah terdapat 2 kamar tidur. Sementara dapur dan ruang makan ditempatkan saling berdekatan. Teknik ini membuat aktivitas lebih terorganisir dengan mudah.

Tak hanya itu, adanya taman yang terbuat dari roster membuat taman tidak becek saat hujan tiba. Posisinya yang berada di tengah zona rumah untuk menghilangkan kesan monoton juga sebagai penghilang rasa penat setelah aktivitas seharian.
Namun, juga tidak meniggalkan fungsi utamanya yaitu sebagai sirkulasi udara dan cahaya yang maksimal.
Hmm... sudah terbayangkan bagaimana suasananya?

Daripada semakin penasaran, dibawah ini anda dapat melihat penampakan denah lantai dasarnya!

Rumah Tinggal dan Boutique Semi Basement
Denah Lantai Dasar Annoor Boutique

Menuju ke mezanin yang berada diantara diantara lantai dengan langit - langit membuat pandangan ke workshop menjadi lapang.

Mezanin juga dapat fungsikan sebagai tempat penyimpanan ekstra. Sama seperti dengan mini bar, di mezanin juga beralaskan parket yang merupakan salah satu lantai yang aman saat seseorang jatuh karena tekturnya yang halus dan ringan akan mengurangi resiko cedera.

Mari kita lihat denah dari mezanin yang fungsional dan safety ini, yuk !

Rumah Tinggal dan Boutique Semi Basement
Denah Mezanin Annoor Boutique

Nah, berikut salah satu dokumen perencanaan yaitu potongan pada Annoor Boutique yang berada di lahan asimetris bisa anda lihat gambar dibawah ini.

Semoga dapat membantu anda dalam merencanakan hunian dengan konsep dan luasan yang serupa.

Rumah Tinggal dan Boutique Semi Basement
Potongan Annoor Boutique


Bagaimana?

Sudah terbayang akan membangun seperti apa untuk hunian impian anda?

Ingin juga wujudkan hunian impian bersama kami?
Segera hubungi Sekarang!

WA: 0857 9880 9096 / 085863110612


Email: sibambostudio@gmail.com
fanspage : Sibambo
Instagram : inspirasirumah_id

Tidak ada komentar :

Posting Komentar